Marque

Selamat Datang Digitalisasi Informasi & Literasi Pendidikan SMP Negeri 2 Kwadungan

Minggu, 28 September 2025

PROGRAM KESISWAAN TP. 2025 - 2026

 PROGRAM KESISWAAN SMPN 2 KWADUNGAN

TAHUN PELAJARAN 2025/2026

Tema: “Mewujudkan Generasi Skwada yang Berkarakter, Kreatif, dan Berprestasi”

I. DASAR PEMIKIRAN

Program kesiswaan ini disusun sebagai pedoman dalam mengembangkan potensi peserta didik secara utuh dan seimbang meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Program ini dirancang untuk mengimplementasikan visi-misi sekolah, memperkuat branding “Skwada Jaya, Skwada Hebat, Skwada Berprestasi”, serta menanamkan jiwa kewirausahaan dan kecintaan pada budaya bangsa.

II. TUJUAN UMUM

  1. Membentuk peserta didik yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, dan berkarakter Pancasila.
  2. Mengembangkan bakat, minat, dan kreativitas siswa melalui kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler.
  3. Memperkuat rasa nasionalisme dan cinta tanah air melalui peringatan hari-hari besar.
  4. Menanamkan jiwa kewirausahaan (entrepreneurship) yang mandiri, kreatif, dan beretika.
  5. Meningkatkan citra dan branding sekolah sebagai sekolah unggulan yang berprestasi di bidang akademik dan non-akademik.

III. STRUKTUR DAN BIDANG KEGIATAN

A.    KEGIATAN KOKURIKULER (Terintegrasi dengan Mata Pelajaran)
Kegiatan ini mendukung langsung pencapaian tujuan pembelajaran dan mengembangkan kompetensi siswa.

o   Proyek Ilmiah: (Mapel IPA, IPS) "Skwada Hebat: Young Scientist & Historian Fair". Pameran hasil proyek sains sederhana dan penelitian sejarah lokal.

o   Literasi dan Bahasa: (Mapel Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa & Inggris) "Skwada Jaya Literacy Week". Lomba pidato, baca puisi, story telling, macapat, nembang dan pembuatan mading bilingual.

o   Matematika dan Teknologi: (Mapel Matematika, Informatika) "Skwada Berprestasi Math & Tech Olympiad". Pelatihan dan seleksi olimpiade, serta lomba pembuatan aplikasi atau game sederhana.

o   Kewirausahaan: (Mapel Prakarya, IPS) "Skwada Entrepreneur Day". Proyek membuat business plan dan menjual produk hasil prakarya (makanan, kerajinan) secara nyata.

B.     KEGIATAN EKSTRAKURIKULER
Kegiatan pilihan untuk mengembangkan minat dan bakat spesifik.

1.      Bidang Olahraga: Futsal, Voli, Pencak Silat, Bulutangkis.

o   Branding: "Tim Skwada Jaya" (untuk tim inti yang berlaga di tingkat kecamatan/kabupaten).

2.      Bidang Seni & Budaya: Tari Tradisional, Hadrah, Teater, Paduan Suara.

o   Branding: "Sanggar Seni Skwada Hebat".

3.      Bidang Sains & Teknologi: KIR (Karya Ilmiah Remaja), Robotik, Jurnalistik.

o   Branding: "Klub Sains Skwada Berprestasi".

4.      Bidang Keagamaan: Tahfiz Qur'an, Baca Tulis Qur'an.

5.      Bidang Kepemimpinan: OSIS, Pramuka.

o   Branding: "Pramuka Skwada Hebat" dengan program khusus kemandirian dan kewirausahaan.

C.     PERINGATAN HARI BESAR NASIONAL (PHBN)
Setiap kegiatan wajib mengandung unsur:

1.      Refleksi nilai-nilai perjuangan.

2.      Karya kreatif siswa (pentas seni, pameran).

3.      Semangat kewirausahaan: Bazar produk siswa.

a.       HUT Kemerdekaan RI ke-80: "Semangat Merdeka, Semangat Wirausaha Skwada"

o   Upacara kemerdekaan.

o   Lomba-lomba tradisional (Estafet  air, tarik tambang, makan kerupuk).

b.      Bazar Kemerdekaan: Siswa berjualan produk merah putih (makanan, aksesoris).

c.       Hari Kartini: "Kartini Modern Skwada: Berprestasi dan Kreatif"

o   Fashion show batailase hasil modifikasi siswa.

o   Lomba membuat podcast tentang peran perempuan inspiratif.

d.      Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas): "Pendidikan untuk Kewirausahaan"

o   Pameran project-based learning dari semua mata pelajaran.

o   Talkshow dengan alumni yang sukses berwirausaha.

D.    PERINGATAN HARI BESAR ISLAM (PHBI)
Setiap kegiatan wajib mengandung unsur:

1.      Peningkatan Keimanan dan Ketakwaan.

2.      Aksi Sosial dan peduli lingkungan.

3.      Semangat Kewirausahaan: Pengelolaan dana sosial (zakat, infaq, sedekah) secara mandiri oleh siswa.

a.       Bulan Ramadhan: "Pesantren Kilat Skwada Jaya: Spirit Ramadhan untuk Jiwa Wirausaha yang Berkah"

o   Tadarus, ceramah agama, buka puasa bersama.

b.      Proyek: "Marketplace Ramadhan": Siswa mengelola penjualan takjil dan makanan untuk buka puasa, keuntungan untuk kegiatan sosial.

c.       Maulid Nabi Muhammad SAW: "Meneladani Nabi, Menjadi Entrepreneur yang Jujur dan Amanah"

o   Perlombaan dai cilik, adzan, dan pertunjukan hadrah/shalawat.

o   Bazar produk halal siswa.

d.      Idul Adha: "Berkurban dan Berbagi dengan Semangat Skwada"

o   Pemaparan materi tentang kurban.

e.       Praktek Kewirausahaan: Siswa terlibat dalam logistik dan manajemen penjualan daging kurban (simulasi).

IV. IMPLEMENTASI BRANDING & KEWIRAUSAHAAN

  • Skwada Jaya: Diterapkan pada semua kegiatan yang menonjolkan keunggulan, kejayaan, dan kebanggaan. (Contoh: Tim Olahraga, Upacara, Prestasi Akademik).
  • Skwada Hebat: Diterapkan pada kegiatan yang menonjolkan kemandirian, karakter, dan keberanian. (Contoh: OSIS, Pramuka, Kegiatan Keagamaan, Aksi Sosial).
  • Skwada Berprestasi: Diterapkan pada kegiatan yang menonjolkan pencapaian dan kompetisi. (Contoh: Olimpiade, KIR, Lomba-Lomba, Pameran Karya).
  • Program Kewirausahaan "SKWADA MART": Setiap kegiatan yang melibatkan bazar/wirausaha akan menggunakan brand "Skwada Mart" sebagai payungnya. Siswa dilatih untuk mengelola mulai dari produksi, packaging, pemasaran, hingga keuangan.

V. JADWAL DAN TARGET PELAKSANAAN

(Jadwal rinci dapat dibuat dalam kalender akademik terpisah)

  • Juli 2025: Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dengan pengenalan branding dan program kewirausahaan.
  • Agustus 2025: Puncak PHBN (HUT RI).
  • September-Oktober 2025: Penyelenggaraan ekstrakurikuler rutin, Peringatan Maulid Nabi.
  • November 2025: lomba internal.
  • Desember 2025: Pentas Seni Akhir Tahun (menggelar hasil karya ekstrakurikuler dan kewirausahaan).
  • Januari-Februari 2026: Persiapan lomba-lomba akademik daerah.
  • Maret 2026: Perayaan Hari Kartini dan Hardiknas.
  • Maret-April 2026: Pesantren Kilat Ramadhan.
  • Mei-Juni 2026: Evaluasi program, pelaporan prestasi, perencanaan tahun berikutnya.

VI. EVALUASI DAN PELAPORAN

  1. Setiap kegiatan wajib didokumentasikan (foto, video, artikel).
  2. Pembina ekstrakurikuler dan koordinator kegiatan membuat laporan pelaksanaan dan capaian.
  3. Prestasi siswa (akademik & non-akademik) dipublikasikan melalui mading sekolah, media sosial, dan website sekolah.
Evaluasi akhir tahun dilakukan untuk menyusun program yang lebih baik di tahun berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar